Kuatkan Peran, BMH Sumut Jalin Kerjasama dengan 7 Rumah Qur’an

DELI SERDANG – Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) melakukan penanda tanganan kerjasama program pengentasan buta aksara Al Qur’an dengan sebanyak 7 Rumah Qur’an (RQ) di Medan dan Deli Serdang bertempat di Majelis Kupie Medan Johor (25/8/2022).

Secara rinci Rumah Qur’an mitra sinergi tersebut adalah RQ. An-Nur Al Barokah, RQ. HW As-Syafi’iyah II, RQ. Alhuda, RQ Hidayatul Muttaqin, RQ. An-Nisa, RQ Abu Bakar dan RQ. Uwo Puput dengan total 196 santri binaan.

Bacaan Lainnya

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan secara tertulis yang dilakukan di sela-sela event Muharram Bangkit Bahagiakan Anak Indonesia.

Dalam penandatanganan tersebut BMH diwakili Lukman Thalib selaku Kadiv Program dan Pendayagunaan BMH Sumut dan masing-masing guru dari Rumah Qur’an.

Lukman mengatakan, fokus kerjasama ini adalah saling menguatkan peran masing-masing lembaga dalam meningkatkan kecerdasan anak bangsa pada bidang keterampilan membaca dan menghafal Qur’an. Detailnya, BMH hadir untuk mensupport tunjangan guru secara rutin dan ketersediaan sarana belajar standar.

“Disamping itu, strategisnya kerjasama ini adalah mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) poin nomor empat yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua,” kata Lukman dalam keterangannya kepada media ini.WhatsApp Image 2022 08 27 at 08.50.30

Salah satu guru RQ, Ustadzah Susianty Ritonga, sesaat setelah penandatanganan kerjasama tersebut menyampaikan rasa bahagia dan terimakasih atas perhatian yang telah diberikan oleh Laznas BMH dalam mendukung kiprah para guru ngaji.

“Dukungan dari BMH sangat berarti bagi kegiatan mengajar kami. Sangat sesuai dengan kebutuhan,” kata Susianty Ritonga, guru yang rutin mengajar 57 Santri setiap siang hingga malam hari.

Ditambahkan Lukman, kegiatan pembinaan semacam ini perlu di fasilitasi agar keberlanjutannya terus dapat terjaga dan manfaatnya makin luas dapat di rasakan.

“Ketersediaan zakat dan infaq yang muzakki titipkan di BMH dapat mengintervensi hal tersebut khususnya tunjangan guru Qur’an,” tutur Lukman menandaskan.

NASIONAL SUMUT

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *