Desa Tinigi Raih Juara 1 Lomba Desa Kabupaten Tolitoli 2024, Persiapan Menuju Tingkat Provinsi!

0
88

TOLITOLI – Rangkaian kegiatan Lomba Desa tingkat Kabupaten Tolitoli yang dimulai sejak 2 Mei hingga 11 Mei 2024 telah resmi berakhir. Dalam surat keputusan Bupati Kabupaten Tolitoli nomor 209 tahun 2024, Desa Tinigi, Kecamatan Galang, dinyatakan sebagai juara 1 Lomba Desa tingkat Kabupaten.

tiniji2

Penetapan juara ini bukanlah proses yang mudah. Tim Panelis dan Tim Penilai Lomba Desa melakukan berbagai tahap penilaian, mulai dari pengumpulan dokumen hingga klarifikasi dan evaluasi lapangan.

Pada akhirnya, Desa Tinigi berhasil mengungguli dua pesaingnya, yaitu Desa Dakitan dari Kecamatan Baolan yang harus puas di posisi kedua, dan Desa Betengon dari Kecamatan Dondo yang berada di urutan ketiga.

Sebagai juara pertama, Desa Tinigi berhak menerima penghargaan dari pemerintah kabupaten berupa piala, piagam, serta bantuan uang pembinaan.

Prestasi ini juga secara otomatis menjadikan Desa Tinigi dengan daya saing yang dimiliki sebagai wakil Kabupaten Tolitoli dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan pada Mei 2024.

Desa yang memiliki daya saing tinggi tentunya akan menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakatnya dan mampu menghadapi tantangan persaingan pasar bebas. Daya saing Desa dan Kelurahan yang tinggi juga akan meningkatkan daya saing daerah dan nasional.

tiniji3

Kebanggaan Kecamatan Galang

Kepala Wilayah Pemerintahan Kecamatan Galang, Aspat Bambani, S.Sos, tidak bisa menyembunyikan rasa bangga dan bahagianya.

“Saya sangat bangga dan bahagia. Setelah perjuangan panjang yang kita lalui bersama seluruh unsur pemerintahan Kecamatan Galang dan seluruh warga, khususnya Desa Tinigi, Alhamdulillah usaha tidak mengkhianati hasil. Kita mampu membuktikan bahwa Desa Tinigi bisa menjadi yang terbaik,” ungkap Aspat dengan penuh rasa syukur, Sabtu (25/5/2024).

Kemenangan ini juga menjadi kado terbaik bagi Aspat Bambani yang akan purna tugas sebagai Kepala Pemerintahan Kecamatan Galang di akhir tahun ini.

“Di akhir jabatan saya sebagai Kepala Camat Galang, Desa Tinigi menjadi kado manis selama saya bertugas di Kecamatan Galang. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan agar bisa menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi,” lanjutnya.

Apresiasi dari Kepala Desa Tinigi

Kepala Desa Tinigi, Mulyadi Muin, S.Pd.I, menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada seluruh aparat Pemerintah Desa serta warga masyarakat Desa yang sudah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan Lomba Desa.

“Terima kasih banyak kepada seluruh teman-teman aparat Desa yang sudah siang malam bekerja, mempersiapkan seluruh kebutuhan lomba, terkhusus kepada warga Desa Tinigi,” katanya haru.

“Ini adalah penghargaan kita semua. Tanpa peran serta masyarakat, prestasi ini tidak akan pernah terwujud,” ungkap Mulyadi kembali dengan penuh rasa syukur.

tiniji4

Sebagai informasi, tujuan pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2024 adalah untuk mengevaluasi kinerja pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan.

Lomba ini juga bertujuan untuk mengetahui capaian Desa dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa.

Selain itu, lomba ini merupakan sarana apresiasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada pemerintah desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan, dan mensejahterakan desa.

Lomba ini juga menjadi media publikasi bagi desa serta Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan inovasi dan potensi yang dimiliki.

Dengan semangat dan kerja keras, semoga Desa Tinigi mampu mempertahankan prestasinya dan membawa nama baik Kabupaten Tolitoli di tingkat provinsi. Selamat kepada Desa Tinigi dan seluruh masyarakat Kecamatan Galang atas prestasi gemilang ini!.[]

Adam Sukiman | Sulteng.news