Gelompang Panas Landa Eropa, Kebakaran Meluas, Ribuan Orang Diungsikan

PRANCIS — Gelombang panas kian menggila di Eropa membakar benua biru itu yang menyebar ke utara pada Senin ke Inggris dan memicu kebakaran hutan yang ganas di Spanyol dan Prancis, demikian dilansir kantor berita The Associated Press via NPR, Senin (18/7/2022).

Akibatnya, dilakukan evakuasi terhadap ribuan orang dan dikerarahkan pesawat pengebom air dan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api di hutan kering.

Dua orang tewas dalam kebakaran di Spanyol yang dihubungkan oleh perdana menterinya dengan pemanasan global, dengan mengatakan, “Perubahan iklim membunuh.”

Jumlah itu melebihi ratusan kematian terkait panas yang dilaporkan di semenanjung Iberia, karena suhu tinggi telah mencengkeram benua itu dalam beberapa hari terakhir dan memicu kebakaran hutan dari Portugal hingga Balkan.

Beberapa daerah, termasuk Italia utara, juga mengalami kekeringan berkepanjangan. Perubahan iklim membuat kondisi ekstrem yang mengancam jiwa seperti itu jarang terjadi — dan gelombang panas telah datang bahkan ke tempat-tempat seperti Inggris, yang bersiap menghadapi kemungkinan suhu yang memecahkan rekor.

Cuaca panas di Inggris diperkirakan akan sangat parah minggu ini sehingga operator kereta api memperingatkan bahwa hal itu dapat merusak rel dan beberapa sekolah mendirikan kolam rendam untuk membantu anak-anak menjadi dingin.

Di Prancis, rekor panas dipecahkan dan angin panas yang berputar-putar menyulitkan pemadaman kebakaran di barat daya negara itu.

“Api benar-benar meledak,” kata Marc Vermeulen, kepala dinas pemadam kebakaran regional yang menggambarkan batang pohon hancur saat api melahapnya, mengirimkan bara api ke udara dan semakin menyebarkan api.

“Kami menghadapi keadaan ekstrem dan luar biasa,” katanya.

Pihak berwenang mengevakuasi lebih banyak kota, memindahkan 14.900 orang lagi dari daerah-daerah yang mungkin berada di jalur kebakaran dan asap yang mencekik.

Secara keseluruhan, lebih dari 31.000 orang telah dipaksa meninggalkan rumah dan tempat liburan musim panas mereka di wilayah Gironde sejak kebakaran hutan dimulai 12 Juli.

Tiga pesawat tambahan dikirim untuk bergabung dengan enam lainnya memerangi api, mengambil air laut dan melakukan perjalanan berulang kali melalui awan asap tebal, kata Kementerian Dalam Negeri pada Minggu malam.

Lebih dari 200 bala bantuan menuju untuk bergabung dengan 1.500 petugas pemadam kebakaran yang berusaha menahan kobaran api di Gironde, di mana api mendekati kebun-kebun anggur yang berharga dan mengepulkan asap melintasi cekungan maritim Arcachon yang terkenal dengan tiram dan pantainya.

Spanyol, sementara itu, melaporkan kematian kedua dalam dua hari dalam kebakarannya sendiri. Mayat seorang peternak domba berusia 69 tahun ditemukan Senin di daerah perbukitan yang sama di mana seorang petugas pemadam kebakaran berusia 62 tahun meninggal sehari sebelumnya ketika dia terjebak oleh api di provinsi barat laut Zamora. Lebih dari 30 kebakaran hutan di sekitar Spanyol telah memaksa evakuasi ribuan orang dan menghitamkan 220 kilometer persegi (85 mil persegi) hutan dan semak belukar.

Penumpang di kereta api melalui Zamora melihat kobaran api yang menakutkan dan dekat, ketika kereta mereka berhenti di pedesaan. Video perhentian yang tidak terjadwal – dan menakutkan – menunjukkan sekitar selusin penumpang di gerbong menjadi khawatir ketika mereka melihat ke luar jendela pada api yang merambah di kedua sisi rel.

Ilmuwan iklim mengatakan gelombang panas lebih intens, lebih sering dan lebih lama karena perubahan iklim – dan ditambah dengan kekeringan telah membuat kebakaran hutan lebih sulit untuk dilawan. Mereka mengatakan perubahan iklim akan terus membuat cuaca lebih ekstrim dan kebakaran hutan lebih sering dan merusak.

“Perubahan iklim membunuh,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez Senin saat berkunjung ke wilayah Extremadura, lokasi tiga kebakaran besar. “Ini membunuh orang, membunuh ekosistem dan keanekaragaman hayati kita.”

Teresa Ribera, menteri Spanyol untuk transisi ekologi, menggambarkan negaranya “secara harfiah di bawah api” ketika dia menghadiri pembicaraan tentang perubahan iklim di Berlin.

Dia memperingatkan “prospek yang masih mengerikan untuk hari-hari mendatang” – setelah lebih dari 10 hari suhu di atas 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit), pendinginan hanya moderat di malam hari.

Setidaknya 748 kematian terkait panas telah dilaporkan dalam gelombang panas di Spanyol dan negara tetangga Portugal, di mana suhu mencapai 47 C (117 F) awal bulan ini.

Gelombang panas di Spanyol diperkirakan akan mereda pada hari Selasa, tetapi jeda akan singkat karena suhu naik lagi pada hari Rabu, terutama di wilayah Extremadura barat yang kering.

Di Inggris, para pejabat telah mengeluarkan peringatan panas ekstrem pertama, dan layanan cuaca memperkirakan bahwa rekor tertinggi 38,7 C (101,7 F), yang ditetapkan pada 2019, dapat dihancurkan.

“Empat puluh satu tidak ada habisnya,” kata CEO Met Office Penelope Endersby. “Kami bahkan memiliki model 43-an, tapi kami berharap tidak akan setinggi itu.”

Wilayah Brittany yang sering beriklim sedang di Prancis terik dengan rekor 39,3 C (102,7 F) derajat di pelabuhan Brest, melampaui suhu tertinggi 35,1 C yang telah terjadi sejak September 2003, kata layanan cuaca Prancis Meteo-France.

Rekor regional di Prancis dipecahkan di lebih dari selusin kota, karena dinas cuaca mengatakan Senin adalah “hari terpanas dari gelombang panas ini.”

Wilayah Balkan memperkirakan panas terburuk akhir pekan ini, tetapi telah melihat kebakaran hutan sporadis.

Senin pagi, pihak berwenang di Slovenia mengatakan petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan satu kebakaran. Kroasia mengirim pesawat penjatuh air ke sana untuk membantu setelah berjuang minggu lalu dengan kebakaran hutannya sendiri di sepanjang Laut Adriatik. Kebakaran di Sibenik memaksa beberapa orang mengungsi dari rumah mereka, namun kemudian berhasil dipadamkan.

Di Portugal, cuaca yang jauh lebih dingin pada hari Senin membantu petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan. Lebih dari 600 petugas pemadam kebakaran menghadiri empat kebakaran besar di Portugal utara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *