Hadir di Lingga, Direktur Prospect Ajak Generasi Muda Aktifkan Nalar dan Cerdaskan Bangsa

0
219

LINGGA – Subuh di Pondok Pesantren Hidayatullah Lingga hari ini, Ahad (29/9/2024) terasa berbeda. Selepas shalat berjamaah, para santri dan pengurus pesantren mendapat kejutan berupa sesi sharing inspiratif bersama Direktur Progressive Studies & Empowerment Center (Prospect), Imam Nawawi, yang juga penulis buku “77 Pesan Kepemimpinan Kaum Muda”.

Dengan gaya bicaranya yang khas, Imam Nawawi mengajak para santri untuk mengaktifkan nalar dan berpikir reflektif. “Perintah pertama dalam Al-Qur’an adalah ‘Iqra’, yang artinya bukan hanya membaca, tetapi juga mengaktifkan nalar kita,” jelasnya.

mas imam nawawi

Ia menekankan bahwa dengan mengaktifkan nalar, seseorang akan mampu membedakan mana yang penting dan mana yang tidak penting dalam hidupnya.

“Sehingga, agenda kesehariannya adalah bagaimana terus-menerus melakukan kebaikan, karena ia sadar bahwa kebaikan itu ia butuhkan, bukan lagi sebagai beban,” tambahnya.

Di era teknologi dan informasi yang berkembang pesat ini, Imam Nawawi juga mengingatkan para santri untuk tidak mau ketinggalan.

“Santri harus punya target kebaikan yang jelas, seperti lulus dengan hafalan Qur’an yang bagus, memahami cara berpikir, dan bisa mencerdaskan orang lain. Jadi santri tidak lagi boleh hidup tanpa peta jalan kemajuan,” pesannya.

Sesi sharing yang didukung oleh Laznas Baitul Maal Hidayatullah Kepri ini berlangsung penuh kehangatan dan antusiasme. Para santri tampak bersemangat mendengarkan dan menyerap ilmu yang disampaikan oleh Mas Imam Nawawi yang sebelumnya juga menyapa anak anak muda di Batam.

“Semoga pesan-pesan inspiratif ini dapat memotivasi para santri untuk terus belajar dan berkembang, menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi agama, umat, bangsa, dan negara kita,” tutur Kepala BMH Perwakilan Riau, Fatahillah.*/Kevin