Jambore Santri Quran 2024 Resmi Dibuka, Kobarkan Semangat Kemerdekaan

0
77

KEPSER – Jambore Santri Quran atau Jasqu 2024 resmi dibuka. Berlatar di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Kegiatan ini diprakarsai tiga Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah, yaitu Daerah Khusus Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) mendukung seluruh rangkaian yang akan digelar selama 3 hari itu.

Upacara pembuka dipandu oleh SAR Hidayatullah. Diiringi dengan lagu Indonesia Raya, dan doa sebagai tanda mulainya.

jasqu 2024

Dalam sambutan, Ahmad Maghfur selaku pembina Jasqu sekaligus ketua DPW Hidayatullah Banten mengatakan momentum seperti ini luar biasa. Apalagi Agustus merupakan bulan kemerdekaan bagi Indonesia.

“Ingat puncak acara ini pada 17 Agustus. Insyaallah ada pengibaran bendera bersama santri penghafal Al-Quran. Tunggu aksinya, ” ucap Maghfur di arena Jambore Jasqu, Kamis.

Maghfur meneguhkan kegiatan Jasqu sebagai penguatan dalam segi ibadah dan mental di lapangan.

“Jadi tidak hanya santri-santri penghafal quran yang ada Al-Qur’an di dadanya, hatinya, pikirannya, yang hafalannyapun mutqin bersanad, akan tetapi yang tangguh, tidak cengeng, senantiasa semangat, kreatif, dan bergembira,” tambah Maghfur.

Sementara itu, Ketua DPW Hidayatullah Jawa Barat, Hidayatullah Abu Anaya, menambahkan hari ini para santri penghafal quran benar-benar merasakan aktualisasi langsung bersentuhan dengan alam, merasakan nikmat kekayaan alam.

“Semoga dengan Jambore ini mereka tambah semangat menghafal Al-Quran. Semangat belajar Al-quran, dengan ceria, asyik dan menyenangkan,” ucap Ustadz Dayat, sapaan pria asal Bangka Belitung ini.

Diketahui, penggembira Jasqu kurang lebih 500 santri yang datang dari pesantren-pesantren di penjuru wilayah dan daerah.

jasqu2024

Secara simbolis, Laznas BMH di lokasi juga memberi apresiasi kegiatan Jasqu. “Alhamdulillah BMH hadir di tengah kegiatan Jasqu, mulai dari menyediakan konsumsi, hadiah lomba seperti tahfidz, pidato, sampai outbond yang digelar selama 3 hari dua malam,” ujar Dhiyauddin Sugiono, perwakilan BMH.

Salah satu santri penghafal quran menyebut dirinya sangat antusias menyambut kegiatan Jasqu. “Alhamdulillah ini pengalaman yang sangat berharga, menyenangkan bisa ikut, semoga nanti jadi juara,” tutur Ahmad, santri SMP Marhamah Jakarta.

Sedangkan, Nazwa santri dari Hidayatullah Bekasi juga tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya.

“Senanglah, sekalian liburan. Ketemu teman baru, bisa saling sharing dan berbagi,” ucapnya lirih. (azm/nas)