Kampung Institute nilai Arief Rosyid Tokoh Representatif Menpora Gantikan Amali

M. Arief Rosyid Hasan (Foto: Instagram/ ariefrosyid.id)
M. Arief Rosyid Hasan (Foto: Instagram/ ariefrosyid.id)

JAKARTA – Kampung Institute menyebut beberapa tokoh muda yang layak menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), salah satunya M. Arief Rosyid Hasan. Sebagai orang yang tertempa dan besar dari grassroot, M. Arief Rosyid dinilai sangat representatif dan mumpuni menduduki posisi Menpora.

Dengan latar belakangnya sebagai aktifis dan cendikiawan muda yang menjadi refresentasi anak muda, mantan Ketua Umum HMI ini dipandang memiliki kapasitas memadai untuk melanjutkan visi Zainuddin Amali.

Bacaan Lainnya

“Saya kira dia punya kapasitas tersebut untuk meneruskan visi dan terus meningkatkan keandalan, profesionalisme, inovasi, dan integritas dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pemuda dan olahraga,” kata Direktur Kampung Institute, Suhardi, Selasa (28/3/2023).

Dia menilai, Arief Rosyid yang merupakan Tim Nasional Pelayanan Kepemudaan Kemenpora menjadi representasi anak muda yang tertempa dari bawah selain ia juga dinilai telah memiliki jam terbang, kemampuan, dan pengalaman dalam mengorganisasi berbagai sumber daya yang ada.

Bagi Suhardi, sebagai lembaga negara yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pemuda dan olahraga memiliki tanggung jawab yang tidak ringan sehingga membutukan figur yang mampu mengkonsolidasi setiap potensi.

“Termasuk menuntut kacakapan mengkonsolidasi hingga ke bawah dalam meningkatkan determinasi progresif bidang olahraga dan pemantapan kapasitas pemuda ditengah tantangan modernitas hari ini,” kata Suhardi.

Dalam pada itu, Suhardi yang berkecimpung di lembaga studi dan pengembangan pemuda Progressive Studies and Empowerment Center (Prospect) ini menekankan pentingnya penerapan kepemimpinan kolaboratif yang tak berjarak dan merangkul semua elemen pemuda yang ada.

“Itu tugas Kemenpora ke kedepan dan Arief Rosyid sangat memadai untuk memantapkan peran peran tersebut,” tandas Ketua Umum Pemuda Hidayatullah periode 2016-2019 ini.

Seperti diketahui, sejumlah nama masuk dalam radar kandidat alternatif calon Menteri Pemuda dan Olahraga untuk menggantikan Zainuddin Amali yang mundur dari jabatannya. Salah satu nama yang santer disebut sebagai calon kuat adalah Arief Rosyid.

BACHTIAR ASWAN

Pos terkait