Live Shopping Adalah Tren Baru Promosikan Produk, Yuk Pelajari Strateginya!

0
125

Live shopping adalah strategi marketing untuk mempromosikan berbagai produk dari merek tertentu menggunakan siaran video langsung. Konsepnya seperti acara home shopping di TV. Bedanya, pemandu acara atau host live shopping bisa berinteraksi langsung dengan audiens.

Live Shopping

Promosi produk melalui live shopping kini menjadi tren baru yang banyak dilakukan oleh penjual. Ini mengingat gaya hidup masyarakat yang kini serba online. Jadi, belanja melalui live shopping dirasa lebih praktis dan efisien.

Kamu yang memiliki bisnis wajib mempromosikan produk melalui live shopping. Namun, pastikan strateginya tepat agar promosi berhasil menarik peminat. Berikut informasi lebih jelas tentang live shopping yang bisa kamu simak dengan seksama:

Apa Itu Live Shopping?

Belanja langsung atau live shopping adalah metode pemasaran produk melalui siaran langsung pada suatu platform media sosial. Bisa berupa Instagram, Facebook, atau TikTok. Siaran langsung akan dipandu oleh seorang host yang mempromosikan produk dengan persuasif kepada audiens dalam waktu nyata (real-time).

Selama siaran berlangsung, interaksi antara host dan audiens terjadi melalui fitur komentar yang tersedia. Audiens bisa bertanya mengenai produk yang sedang diperlihatkan. Misalnya, bertanya tentang detail ukuran baju. Selanjutnya, host akan menjawab dan menjelaskan secara rinci untuk audiens tersebut.

Bila tertarik, maka audiens bisa melakukan pembelian saat itu juga melalui fitur keranjang dan sejenisnya. Ini membuat pengalaman belanja di live shopping lebih menyenangkan dan interaktif.

Baca juga: Model Inovasi Ekonomi Kreatif Berbasis Masjid dan Zakat

Terdapat urgensi yang muncul karena penjual melakukan persuasi dengan memberikan penawaran terbatas seperti diskon khusus yang berlaku hanya pada saat live saja. Itulah mengapa, pebisnis bisa meningkatkan penjualannya melalui live shopping.

5 Strategi Live Shopping agar Promosi Produk Berhasil

Setelah memahami bahwa live shopping adalah metode pemasaran yang efektif untuk promosi produk hingga tingkatkan penjualan, mari pelajari strateginya berikut ini:

Rencanakan Kampanye Promosi dengan Matang

Tahap awal live shopping perlu kamu mulai dengan perencanaan kampanye (campaign) secara matang. Pilih produk yang ingin dipromosikan. Lalu, diskusikan tentang penawaran khusus yang menarik bagi audiens.

Pastikan stok barang aman agar dapat memenuhi permintaan secara lancar saat live shopping. Begitu pula dengan alur transaksinya yang perlu kamu tetapkan dengan jelas.

Selain itu, siapkan briefing berisi kata-kata yang perlu host sampaikan saat live shopping. Tata juga penampilan host agar lebih merepresentasikan merek bisnis kamu.

Pilih Platform Paling Ideal

Platform untuk live shopping menjadi aspek yang harus kamu pikirkan dengan cermat. Pilihlah media sosial yang karakteristiknya sesuai dengan bisnis kamu. Sebagai contoh, kamu bisa memilih TikTok Live Shopping jika menargetkan anak muda sebagai target pasar dalam bisnis fashion.

Lalu, perhatikan engagement platform untuk melihat tingkat interaksinya. Setidaknya, pastikan kamu memilih platform dengan tingkat interaksi paling tinggi bila ingin live shopping berhasil.

Lakukan di Area Representatif dan Nyaman

Live shopping adalah cara merepresentasikan dan mengenalkan bisnis ke audiens yang lebih luas. Maka dari itu, kamu perlu melakukan siaran langsung pada area representatif yang nyaman serta minim distraksi.

Salah satu tips membuat area live shopping lebih representatif adalah dengan menghiasnya sesuai identitas bisnis. Selain meningkatkan visual area live, bisnis kamu akan terkesan lebih profesional citra mereknya.

Kamu pun bisa mempertimbangkan penataan produk serta pencahayaannya agar audiens lebih mudah menikmati siaran langsung.

Kerja Sama dengan Host Kompeten

Apabila tim bisnis kamu tidak memiliki seseorang yang bisa menjadi host, sebaiknya bekerja sama dengan host freelance. Pilih host dengan kompetensi memadai yang komunikasinya mudah dimengerti.

Pembawaan serta karakter host live shopping juga menentukan keberhasilan promosi produknya. Bila host membawakan siaran dengan unik dan berkarakter, audience yang menonton pun akan lebih mudah tertarik.

Maka dari itu, pilih host kompeten agar dapat menjembatani bisnis dengan konsumennya. Peluang mendapatkan pembeli potensial yang percaya dengan bisnis kamu pun semakin besar.

Live Ketika Prime Time

Saat pertama melakukannya, live shopping adalah hal yang tidak akan langsung berjalan mulus. Demi mensukseskan promosi produk, kamu sebaiknya mengevaluasi siaran tersebut untuk menentukan kapan prime time terbaik.

Hal tersebut bisa didapat dari percobaan dan analisis agar pada akhirnya bisa menemukan prime time terbaik. Lebih tepatnya, prime time yang menghasilkan interaksi, partisipasi, serta penjualan tertinggi.

Bila telah menemukan kapan prime time terbaik, maka lakukan live shopping secara konsisten pada waktu yang sama. Ini membantu kamu dan audiens saling terbiasa. Jadi, saat kamu live shopping maka audiens langsung bersiap menontonnya.

Keuntungan Promosi dengan Live Shopping

Live shopping adalah kewajiban kalau kamu ingin mendapatkan berbagai keuntungan berikut ini ketika promosi produk:

Brand Awareness Lebih Kuat

Melakukan live shopping secara konsisten membantu brand awareness bisnis kamu meningkat dan menguat. Ini karena berbagai keunggulan produk disampaikan terus oleh host demi menarik minat audiens. Cara tersebut membantu audiens mengenali produk lebih jelas dan komprehensif.

Jangkauan Audiens Lebih Luas

Interaksi yang terjadi saat live shopping autentik dan membantu akun menjangkau audiens yang lebih luas. Terlebih bila kamu kolaborasi dengan influencer yang pengikutnya jutaan.

Biaya Promosi Lebih Ekonomis

Melalui live shopping, kamu bisa promosi dengan biaya yang lebih ekonomis. Ini mengingat kamu hanya perlu koneksi internet memadai untuk melakukannya. Tidak perlu menyewa talent, studio, hingga alat untuk syuting konten promosi.

Live shopping adalah metode promosi produk yang efisien dan efektif untuk meningkatkan penjualan hingga menguatkan brand awareness. Kamu bisa menyuplai produk bisnis dari luar negeri agar kualitasnya prima namun harganya lebih terjangkau.

Blueray Cargo International akan menyederhanakan proses impor dengan armada memadai, tim profesional, garansi hingga 100%, serta konsep satu harga all in. Barang terjamin sampai ke tanganmu dengan aman.