Menggelitik, Logo Lawas KAI Kembaran dengan Perusahaan Polandia

pts poland

DUNIA perkeretaapian Tanah Air kembali jadi bahan gunjingan. Bukan karena harga tiket yang melandai untuk melayani rakyat yang akan mudik Idul Fitri, BUMN ini diramaikan dengan teka-teki yang menggelitik.

Kali ini, sorotan tertuju pada logo lawas PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang dikabarkan memiliki kembaran di negeri Polandia.

Benarkah logo klasik KAI telah mendunia, atau adakah cerita lucu di balik kemiripan yang mengundang tawa ini?

Baru-baru ini, media sosial geger dengan unggahan foto yang menampilkan logo perusahaan kereta api asal Polandia, Public Transport Service (PTS).

Logo tersebut, yang terdiri dari tiga lengkungan berwarna jingga dan biru, tampak hampir identik dengan logo KAI era 2011-2020.

Penemuan ini pertama kali dibagikan oleh akun Jalur5 Community (@jalur5_) melalui media sosial X dan Instagram pada 12 Maret 2024. Gambar logo PTS yang mirip dengan logo KAI tersebut ditemukan di Google Streetview.

Tentu saja, kemiripan ini mengundang rasa penasaran. Bagaimana mungkin logo klasik KAI bisa “tersesat” ke Polandia dan menghiasi bangunan serta kereta milik PTS?

Ada beberapa kemungkinan yang bisa kita telusuri. Kemungkinan pertama, inspirasi yang berlebihan?

Ya, mungkin saja, para desainer PTS Polandia itu terinspirasi oleh logo KAI dan tanpa sengaja menghasilkan desain yang sangat mirip. Anggap saja ini sebuah penghargaan atas logo KAI yang begitu ikonik.

Kemungkinan kedua, salah sambung jaringan desain? Ya, siapa tahu, terjadi kesalahan teknis pada jaringan desain yang menyebabkan logo KAI “terdownload” secara tidak sengaja dan terpakai di PTS. Bayangkan saja, logo KAI yang mendunia secara virtual!

Kemungkinan ketiga, konspirasi global di balik logo?

Jangan remehkan kekuatan logo! Mungkin saja ada konspirasi global di balik kemiripan ini, dengan tujuan untuk mendominasi dunia melalui kekuatan desain logo. Duh, ngeri sekali!

KAI Buka Suara

Di tengah kekisruhan ini, PT KAI angkat suara. Vice President Public Relation PT KAI Joni Martinus menyatakan bahwa pihaknya tengah mempelajari aturan yang berlaku untuk menentukan langkah selanjutnya terkait kemiripan logo ini.

“Terkait dugaan kemiripan logo KAI yang lama dengan suatu instansi di Polandia yang dimaksud, akan kami pelajari lebih lanjut dari berbagai aspek aturan yang berlaku,” ujar Joni.

PTS, atau Pelayanan Angkutan Umum (Spółka Public Transport Service /PTS), didirikan pada tahun 2016 dan berbasis di Warsawa, Polandia.

Perusahaan ini bergerak di bidang perawatan dan pemeliharaan sarana perkeretaapian, dan mengoperasikan layanannya di seluruh Polandia.

Misteri kemiripan logo KAI dan PTS masih belum terpecahkan. Apakah ini murni sebuah kebetulan, atau ada cerita lucu di baliknya? Hanya waktu yang akan menjawab.

Yang pasti, kisah ini telah menghibur para pecinta kereta api dan memancing tawa di tengah kesibukan dunia.*/Hasanuddin Aly

Pos terkait