Putra Sulteng Kolonel Inf Rahman Ramang T Leho dan Semangat Qurban Masjid Komplek Kostrad

0
1106
kol rahman

JAKARTA – Di momen Idul Adha 1445 H yang penuh berkah, Komplek Kostrad Tanah Kusir kembali memancarkan semangat berbagi dan kepedulian.

Melalui momen istimewa ini, Kostrad bersama warga komplek bahu-membahu menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban yang terpusat di Masjid Jami At Taqwa, Jl Arteri Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pada Senin (17/06/2024), suasana penuh khidmat dengan dzikir takbir dan tahlil mewarnai penyembelihan 10 ekor sapi kurban terbaik.

Hewan-hewan kurban ini kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya warga sekitar komplek Kostrad Tanah Kusir yang telah terlebih dahulu menerima kupon 1000 cadangan tanpa kupon 300 bungkus daging dari panitia.

Kolonel Inf. Rahman Ramang T. Leho, Kepala Pembinaan Mental Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kabintal Kostrad) TNI bersama ketua DKM Mesjid Jami At Taqwa mewakili Kostrad dalam menyerahkan hewan kurban kepada Pengurus Masjid Jami At Taqwa.

Dalam sambutannya seperti dilansir Sulteng.news (Nasional Dotnews Network), Kolonel Rahman mengungkapkan rasa syukur kepada Pangkostrad, pequrban, dan para donatur lainnya atas kesempatan untuk kembali berbagi kebahagiaan dengan masyarakat.

“Tahun ini, kami bersyukur dapat kembali berbagi dengan menyerahkan 10 ekor sapi dan kambing 27 ekor hewan kurban kepada masyarakat sekitar wilayah komplek Kostrad Tanah Kusir. Hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan,” tutur Kolonel Rahman.

Lebih lanjut, Kolonel Rahman menekankan makna mendalam dari ibadah kurban. Menurutnya, momen ini menjadi pengingat bagi umat Islam untuk senantiasa meneladani semangat pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

“Momentum ibadah kurban ini hendaknya dapat kita maknai untuk rela berkorban dengan tulus dan ikhlas, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap menjalankan tugas dan kewajiban sebagai prajurit,” katanya.

“Dengan dilandasi iman dan taqwa, serta selalu menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, dengan kemurnian hati,” lanjutnya menandaskan.

Selain itu, momentum Hari Raya Kurban ini diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada kita, bahwa harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita, melainkan hanya titipan dari Allah SWT yang di dalamnya terdapat hak orang lain.

“Dengan begitu akan lahir pribadi yang semakin dekat kepada Sang Khalik, ditandai dengan meningkatnya ketaatan kepada-Nya,” imbuh Ketua DKM Masjid Jami At Taqwa Komplek Kostrad Tanah Kusir, H. Syarifuddin.

Menurutnya, semangat berbagi dan kepedulian yang ditunjukkan oleh Kostrad Tanah Kusir patut diapresiasi. Melalui kegiatan ini, Kostrad wujudkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT dan sekaligus berkontribusi dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Penyembelihan hewan kurban di Komplek Kostrad Tanah Kusir bukan sekadar tradisi tahunan, tetapi menjadi simbolisasi nilai-nilai kemanusiaan yang luhur.

Di balik momen istimewa ini, terpancar semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang tinggi dari para prajurit Kostrad dan warga komplek.

Tampak mereka bahu-membahu menyiapkan segala keperluan, mulai dari penyembelihan hewan kurban, pemotongan daging, hingga pendistribusian kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lebih dari sekadar ibadah, penyembelihan hewan kurban di Komplek Kostrad Tanah Kusir juga menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Momen kurban kali ini menjadi pengingat bahwa di tengah perbedaan, kita semua adalah satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia tanpa memandang latar belakang, yang merupakan wujud nyata dari nilai-nilai Pancasila yang dianut bangsa Indonesia.[]

Adam Sukiman | Sulteng.news