Qurban Masyarakat Indonesia Dinikmati Hingga ke Afrika

qurban bmh afrika

KENYA – Selain di dalam negeri, qurban masyarakat Indonesia pada helatan Idul Adha 1444 ini meluas maslahatnya hingga bisa dinikmati masyarakat di belahan dunia lainnya.

Hewan qurban masyarakat Indonesia kini bisa dinikmati masyarakat di Benua Hitam, dalam hal ini adalah Republik Kenya yang berada di kawasan Afrika Timur.

Bacaan Lainnya

Melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH), masyarakat Indonesia menitipkan qurbannya untuk saudara saudara mereka di Kenya.

Penyerahan hewan qurban, titipan amanah dari masyarakat Indonesia untuk Afrika melalui BMH tersebut diserahkan langsung oleh delegasi Tim BMH dari Indonesia, Syamsuddin, bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Republik Kenya, Dr. Mohamad Hery Saripudin, yang dilangsungkan selepas pelaksanaan Sholat Idul Adha di Lamu County.

Sebanyak 511 ekor kambing, dan 10 Ekor sapi Qurban telah disalurkan oleh BMH ke sejumlah desa di wilayah Lamu County, Kenya – Afrika Timur, pada hari Kamis 29 Juni 2023.

“Bismillahirrahmanirrahim,” kata Dubes Mohamad Hery Saripudin mewakili masyarakat Indonesia saat menyerahkan qurban tersebut seperti dilansir laman resmi BMH.

Mohamad yang juga merangkap Dubes Republik Demokratik Kongo, Republik Federal Somalia, Republik Uganda, United Nations Environmental Programme (UNEP), dan United Nations Human Settlements Programme (UN-HABITAT) turut dibersamai sang istri dalam lawatannya tersebut.

“Mewakili masyarakat Indonesia, bersama BMH hari ini kami serahkan lebih 500 ekor kambing beserta 10 ekor sapi Qurban titipan umat muslim Indonesia untuk masyarakat di Lamu County, Kenya,” lanjut Dubes disambut senyum bahagia warga yang sudah berkumpul sejak pagi di sekitar lokasi.

“Teriring doa semoga Allah berikan berkah dan balasan yang lebih baik atas Ibadah Qurban yang telah ditunaikannya,” lanjut Dubes.

Sementara itu, Koordinator Program Qurban BMH di Kenya, Syamsuddin, menyebutkan sebaran penyaluran hewan qurban tersebut disebar ke sejumlah desa di Lamu County, yakni 74 ekor kambing dan 1 ekor sapi disalurkan di desa Mkomani.

Kemudian sebanyak 50 ekor kambing dan 1 ekor sapi didistribusikan ke desa Wiyoni, 112 ekor kambing dan 1 sapi di desa Langoni, 59 ekor kambing dan 1 ekor sapi di desa Mtamuini, serta 114 ekor kambing dan 1 ekor sapi di desa Kashmir.

“Sementara itu, terdapat 72 ekor kambing dan 1 ekor sapi juga disalurkan di desa Riadha, 74 ekor kambing dan 1 sapi di desa Coast, 20 kambing di desa Sela, 4 sapi di desa Matondoni, serta 1 ekor sapi di desa Kwa Guyo,” imbuhnya.

Selain di Lamu County – Kenya, penyaluran amanah Qurban dari masyarakat Indonesia yang dititipkan melalui BMH, juga disalurkan di beberapa negara Afrika lainnya, yakni di Tanzania dan Uganda.*/

ADAM MARZUKI

Pos terkait