TKIT Hidayatullah Bengkulu Kerjasama BMH Kuatkan Literasi Sambil Tunaikan Zakat

literasi zakat sejak dini

BENGKULU – Taman Kanak-kanak Integral Terpadu (TKIT) Hidayatullah Bengkulu bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Bengkulu menggelar kegiatan literasi pendidikan dalam rangka mengenalkan ihwal zakat kepada generasi muda sejak dini.

Acara inkubasi dan linterasi zakat ini digelar di Komplek TKIT Yaa Bunayya Hidayatullah Bengkulu yang beralamat di Jln Halmahera, Surabaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu, Senin (10/4/2023).

Bacaan Lainnya

Selain gerakan literasi menguatkan pemahaman zakat, pada kesempatan tersebut para anak anak cilik ini juga berkesempatan menunaikan zakat kepada para tenaga amil BMH yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut.

Anak anak cilik TKIT Yaa Bunayya Hidayatullah Bengkulu bertanya langsung kepada kakak kakak amil tentang apa itu zakat, apa saja rukunnya, syarat, rukun, dan juga maslahatnya bagi kehidupan. Kakak kakak amil pun memberikan penjelasan dengan penuh keseruan.

Kepala Kantor Laznas Baitul Maal Hidayatullah Kantor Perwakilan Bengkulu, Mohammad Irwan, mengatakan gerakan literasi zakat merupakan salah satu upaya BMH dalam memasyarakatkan zakat sehingga diharapkan dapat menjadi gerakan kolosal yang tidak saja bermanfaat untuk mustahik tetapi juga memberi implikasi positif pada kehidupan secara luas.

“Literasi zakat di Tanah Air memang masih relatif rendah, namun seiring waktu upaya kesana terus dilakukan sehingga masyarakat semakin tercerahkan dan dengan itu kita berharap semakin menumbuhkan kesadaran zakat sebagai instrumen membangun agama dan bangsa,” kata Irwan dalam keterangannya kepada Nasional.news.

Lebih jauh Irwan menjelaskan kegiatan literasi zakat ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman zakat sejak dini sehingga kedepannya ini akan turut meningkatkan indeks literasi masyarakat terhadap zakat dan wakaf.

Menurut Irwan, dengan pemahaman yang benar dan komprehensif mengenai zakat yang dilakukan sejak dini diharapkan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat.

Sementara itu Kepala Sekolah TKIT Yaa Bunayya Hidayatullah Bengkulu, Ustadzah Yeni, mengatakan kegiatan literasi zakat untuk anak ini merupakan kegiatan rutin tahunan sekolah dalam rangka memberi pemahaman awal mengenai zakat serta memperkenalkan BMH kepada mereka.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar yang diikuti dengan antusias oleh sebanyak 150 anak TKIT Yaa Bunayya Hidayatullah Bengkulu,” kata Ustadzah Yeni.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Laznas BMH yang telah mengagendakan kegiatan literasi zakat ini di lingkungan pendidikan TKIT Yaa Bunayya Hidayatullah Bengkulu.

“Kami sampaikan terima kasih kepada kakak kakak amil dari BMH yang telah mengedukasi anak anak kami tentang rukun Islam yang ketiga ini,” tandasnya.

TAUFIK ABDUL MATIN

Pos terkait