Nasional.News–Mitra Dai Nusantara atau yang sering disebut MDN salurkan beasiswa pendidikan di momen Wisuda Sarjana dan Penugasan Kader Dai Pelosok Negeri ke 23 Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al Hakim (STAIL) Surabaya Sabtu (7/9/2024), di Aula Lantai 3 Gedung Sekolah Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya.

MDN Salurkan Beasiswa Pendidikan

Wisuda sarjana dan Penugasan Kader Dai Pelosok Negeri STAIL Surabaya ke 23 diikuti oleh 119 wisudawan. Termasuk di dalamnya adalah 37 wisudawan program Beasiswa Kader Dai Pelosok Negeri yang di support penuh oleh Mitra Dai Nusantara (MDN). Para wisudawan khusus tersebut setelah prosesi wisuda akan langsung mendapatkan SK tugas dakwah ke seluruh pelosok negeri dari Aceh sampai bumi Papua.

Di momen wisuda dan penugasan ke 23 ini MDN menyalurkan beasiswa pendidikan untuk kader dai pelosok negeri sejumlah Rp 820.000.000 yang akan diserahkan bertahap selama 1 tahun kedepan.

Alim Puspianto.M.Kom.I, Ketua MDN menyebutkan, beasiswa ini merupakan wujud keikut sertaan MDN dalam membangun bangsa lewat gerakan dakwah.

“Alhamdulillah, penyerahan beasiswa ini menjadi komitmen MDN dalam ikut serta dalam membangung bangsa lewat gerakan dakwah sebagaimana motto kami bersama dai membangun negeri. insyaAllah beasiswa ini akan diserahkan bertahap selama 1 tahun kedepan”. ungkapnya.

Sementara itu, terdapat 8 wisudawan meraih penghargaan wisudawan terbaik dengan berbagai kategori. Kategori wisudawan terbaik bidang akademik diraih oleh Fii Aunillah Urfiah Putri S.Pd, dengan IPK 3,96. Wisudawan terbaik bidang Tahfidz program karya diraih oleh fajrin purnama, s.sos. wisudawan terbaik bidang Baca kitab Ahmad Shodiqin Siahaan, S.Sos.

Sedangkan untuk wisudawan terbaik bidang tahfidz 30 juz diraih oleh 5 orang yaitu Tsabit Amin Fuadi, S.Sos, Harits al Anshori, S.Sos, Muh Zaki Abdillah, S.Sos, Urfi Azizah, S.Pd, Farah Amalia, S.Pd.

Moh. Idris, M.PdI, Ketua STAI Luqman Al Hakim Surabaya mengungkapkan ucapan terimakasihnya kepada MDN yang telah memberikan beasiswa dan berharap kolaborasi kebaikan ini akan terus berlanjut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada MDN atas beasiswa pendidikan untuk para kader dai ini. Kami berharap kolaborasi dan sinergi kebaikan ini akan terus berlanjut”. Ujarnya.

Moh. Idris, M.PdI dalam sambutannya juga menjelaskan, wisuda 2024 ini bernuansa palestina. Hal tersebut merupakan bukti dukungan STAIL terhadap kemerdekaan Palestina. Menurutnya, ada pesan moral yang sangat penting dengan adanya nuansa palestina pada momen wisuda kali ini.

“Kita lihat Senat masuk selain bendera indonesia juga diiringi bendera dan lagu jihad palestina. Ini menunjukkan dukungan STAIL terhadap kemerdekaan palestina. Setidaknya ada 3 pesan yang ingin disampaikan pada momen wisuda dengan nuansa palestina ini. Pertama, Palestina mengajarkan kepada kita bahwa islam tidak akan bisa tegak tanpa perjuangan dan perjuangan identic dengan pengorbanan sebagaimana motto Hidup Mulia atau Mati Syahid. Kedua Palestina menunjukkan Optimisme tak henti berharap pertolongan Allah dan yakin pertolongan itu akan dating. Ketiga, palestina mengajarkan ketauhidan yang betul betul murni, hal itu Nampak pada perjuangan palestina yang telah kita saksikan bersama selama ini”. Jelasnya.

Selain itu Idris juga menyampaikan bahwa STAIL memiliki ciri khas yang berbeda dengan Perguruan Tinggi yang lain. Dimana seluruh wisudawan nantinya akan ditugaskan ke seluruh pelosok Nusantara.

“STAIL memiliki ciri khas yang berbeda. Wisudawan nantinya akan ditugaskan ke seluruh pelosok Nusantara yang bahkan sampai detik ini para wisudawan ini belum tahu nantinya akan ditugaskan kemana. Tapi luar biasanya mereka sami’na wa atho’na”. ungkapnya.

Di akhir sambutan, Idris memohon restu kepada seluruh hadirin untuk turut serta mendukung dan mendoakan untuk segera terwujudnya STAIL menjadi Institut. Turut hadir juga sekertaris wilayah KOPERTAIS IV Dr. KH. Hasan Ubaidillah memberikan sambutan serta orasi ilmiyah pada momen wisuda kali ini.