Bantuan MCK untuk Santri Ponpes Daarun Najah Walantaka: Mewujudkan Lingkungan Sehat dan Mendukung SDGs

Bantuan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang diberikan oleh Lembaga Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Daarun Najah Walantaka di Walantaka, Banten, tidak hanya meningkatkan kualitas hidup para santri, tetapi juga berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

1000187745

Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Banten, Roni Hayani menerangkan hal tersebut.

“Pertama program ini memenuhi hak dasar sanitasi dan air bersih di dalam SDGs nomor 6,” ucapnya di lokasi (26/4/24).

Akses terhadap sanitasi dan air bersih yang layak merupakan hak dasar manusia yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

“Sebelumnya, para santri Ponpes Daarun Najah Walantaka terpaksa mandi di tempat terbuka yang tidak higienis. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit dan mengganggu kesehatan mereka,” imbuh Roni.

Bantuan MCK dari BMH menyediakan fasilitas mandi, cuci, dan kakus yang layak dan aman bagi para santri. Hal ini membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan dasar sanitasi dan air bersih.

“Kedua, program ini ikut membantu memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua,” tambah Roni.

Bahkan lebih jauh program ini secara jangka panjang dapat mendukung upaya meningkatkan kualitas pendidikan. “Ini poin SDGs ke-4,” jelas Roni.

Lingkungan belajar yang sehat dan kondusif sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Bantuan MCK ini membantu menciptakan lingkungan pesantren yang lebih bersih dan sehat, sehingga para santri dapat belajar dengan lebih fokus dan nyaman.

Dengan demikian, bantuan MCK ini berkontribusi terhadap pencapaian SDG 4: “Memastikan pendidikan yang berkualitas inklusif dan adil, serta mempromosikan peluang belajar seumur hidup bagi semua”.

Dalam kata yang lain bantuan MCK untuk Santri Ponpes Daarun Najah Walantaka merupakan contoh nyata bagaimana upaya filantropi dapat berkontribusi terhadap pencapaian SDGs. BMH berharap program ini dapat didukung secara komprehensif, sehingga pendidikan dan kelayakan hidup santri bisa jadi layak dan semakin baik.*/Ybh_yth

Pos terkait