Dibekali Beragam Skil, Mahasiswa STIE Hidayatullah Ikuti Program MBKM

DEPOK – Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah Depok mengikuti pembekalan sebelum menjalani program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan menjalani masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan dalam bentuk kegiatan pengalaman ilmu, teknologi, wirausaha, dan kepemimpinan oleh mahasiswa kepada masyarakat.

Pembekalan yang berlangsung selama 5 hari, 26-30 Januari 2023 ini, dibuka di Aula Utama STIE Hidayatullah yang berlokasi di kampus STIE Hidayatullah, Jalan Kalimulya Raya, Kebon Duren, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (26/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Ketua STIE Hidayatullah, Muhammad Saddam, S.E., M.Ak., CPHCM, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai penguatan sebelum terjun menjalankan program pengabdian masyarakat.

Menurut Saddam, pengalaman mahasiswa di kegiatan Kampus Merdeka akan berpengaruh besar terhadap kesiapan karir mahasiswa di masa mendatang yang mengasah kompetensi sesuai dengan kebutuhan dan minat masing masing.

“Selamat menjalani program ini, selamat mengabdi kepada masyarakat dan umat secara luas. Semoga kelak menjadi kader leader yang memberi manfaat untuk pembangunan berkelanjutan,” tandasnya.

Seperti diketahui, Kampus Merdeka adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester.

kkn stieh

Adapun beberapa jenis kegiatan yang tersedia di program Kampus Merdeka, yaitu Magang Bersertifikat, Studi Independen, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, dan Wirausaha.

STIE Hidayatullah sendiri setiap tahunnya mengkaryakan mahasiswa ke berbagai instansi, lembaga, dan amal atau badan usaha jaringan ikatan dinas yang disesuaikan dengan kompetensi dan minat masing masing. Sambil kembangkan beragam skil melalui jalur pengkaryaan ini, para mahasiswa menjalani KKN sambil menuntaskan tugas akhir penulisan karya tulis ilmiah.

Pengalaman mahasiswa di kegiatan pengkaryaan ini akan berpengaruh besar terhadap kesiapan karir mahasiswa dengan cara memastikan mereka terus menyimak perubahan dunia luar kampus selama berkuliah dan dapat kesempatan untuk menerapkan ilmu kepada masalah di dunia nyata.

Kegiatan pembekalan ini sendiri menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang yang diantaranya diisi oleh bidang tarbiyah dan perkaderan DPD Hidayatullah Depok serta turut dihadiri sejumlah jajaran pimpinan STIE Hidayatullah sebagai pengisi acara yaitu Wakil Ketua I Ridwan Fahrozi, MM, Wakil Ketua II Veri Muldani, MM, dan Syaharuddin Yusuf dari SAR Hidayatullah Pusat.*/Yacong B. Halike

Pos terkait