Duduki Posisi Ketiga Nasional, Kota Makassar Sabet Gelar Terbaik!

0
1394
makassar nasional

MAKASSAR – Kota Makassar kembali meraih prestasi membanggakan dalam penyelenggaraan pemerintahannya. Dan, kali ini, daerah yang terkenal dengan cita rasa kuliner coto ini meroket ke posisi ketiga di tingkat nasional dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2022.

Dengan capaian skor fantastis sebanytak 3,5660 poin, menjadikan Makassar sebagai salah satu kota terbaik penyelenggaraan pemerintahannya di tingkat nasional.

Capaian ini bukanlah perjalanan yang singkat, yang mengerahkan segala dedikasi, kerjasama, dan kebijakan yang meletakkan Makassar di peta prestasi pemerintahan daerah.

Pengumuman capaian ini langsung disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri), Suhajar Diantoro, yang memberikan apresiasi melalui SK Mendagri tentang hasil Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (ELPPD) 2023, terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2022.

SK ini diterima dengan bangga oleh PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, yang mewakili Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, di Jakarta pada Kamis (18/01/2024). Keberhasilan ini mencatatkan prestasi dua tahun berturut-turut di 10 besar LPPD.

“Alhamdulillah Kota Makassar meraih peringkat ke-3 LPPD 2023 atas penilaian LPPD 2022. Dua Tahun berturut-turut Makassar kembali masuk dalam kategori 10 besar penilaian LPPD,” ucap Firman seperti dikutip Nasional.news dari laman resmi Pemkot Makassar, Sabtu.

Menurut Firman, perjalanan menuju peringkat ketiga ini melibatkan ratusan indikator penilaian dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

Diantaranya, dia menyebutkan, indikator laporan capaian kinerja makro, akuntabilitas kinerja pemerintah, penerapan standar pelayanan minimal, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah, serta indikator lain seperti kebijakan, kelembagaan, dan sumber daya manusia pada otonomi daerah.

Firman mengatakan, keberhasilan ini bukanlah pencapaian semata-mata pemerintah, melainkan hasil dari kerjasama antar OPD dan dukungan masyarakat.

Firman menegaskan bahwa prestasi ini menjadi semakin berharga karena dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Capaian tahun ini diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

Lorong Wisata

Sebagai bagian dari program prioritas unggulan tahun 2022, Kota Makassar menciptakan Lorong Wisata dengan fokus pada pengembangan pangan, terutama berbagai tanaman yang dapat menekan inflasi, seperti cabai.

Program ini tidak hanya berhasil menangani inflasi, tetapi juga menciptakan pemanfaatan ruang di Lorong yang awalnya tidak difungsikan. Dampaknya pun terasa langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga kawasan lorong pemukiman.

Firman menyampaikan harapannya bahwa prestasi ini dapat memberikan dorongan untuk meraih kembali Parasamya Purnakarya Nugraha di masa kepemimpinan periode kedua.

Dia menegaskan, dengan komitmen dan inovasi, Kota Makassar akan terus melangkah maju dalam menyelenggarakan pemerintahannya dengan baik. (adm/nns)