Kolonel Inf Rahman T Leho Mewakili Pangdam XIV/Hsn Sampaikan Pentingnya Bela Negara di Hadapan 10.000 Mahasiswa PKKMB Unhas 2024

0
176

MAKASSAR – Pamen Ahli Pangdam XIV/Hsn Bidang Sosbud, Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si, diberi kehormatan untuk mewakili Pangdam XIV/Hsn sebagai narasumber dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025 Universitas Hasanuddin (Unhas), Senin (12/8/2024).

Bertempat di GOR JK Arenatorium Unhas, Kampus Tamalanrea, acara ini berlangsung dengan penuh semangat dan dihadiri oleh sekitar 10.000 mahasiswa serta tokoh penting lainnya.

rahman taleho

Sebagai Pamen Ahli Pangdam XIV/Hsn Bid Sosbud, Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si telah banyak terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui berbagai program Bela Negara.

Pada kesempatan tersebut Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep Bela Negara kepada para mahasiswa baru. Materi yang disampaikan meliputi pengertian, aspek-aspek, model atau bentuk, serta peran penting mahasiswa dalam Bela Negara.

Kolonel Rahman Taleho memulai paparannya dengan menjelaskan pengertian dasar dari Bela Negara. Bela Negara, jelas dia, adalah upaya dari seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

“Bela Negara bukan hanya tugas militer, melainkan juga kewajiban seluruh warga negara,” tegasnya yang membakar semangat nasionalisme mahasiswa.

Ia menjelaskan, Bela Negara dalam aspek ideologi menekankan pentingnya pemahaman yang kuat terhadap Pancasila sebagai dasar negara. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, jelasnya, harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam aspek politik, Bela Negara mencakup partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Kolonel Rahman Taleho menekankan bahwa mahasiswa harus kritis dan aktif dalam setiap proses politik yang berlangsung, karena masa depan negara sangat bergantung pada keterlibatan generasi muda dalam politik.

Demikain pula di bidang ekonomi, Bela Negara berarti menjaga stabilitas ekonomi nasional dengan cara mendukung produk-produk dalam negeri dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Begitu pula dalam aspek sosial budaya menekankan pelestarian kebudayaan nasional sebagai identitas bangsa.

“Mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang mampu memelihara dan memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional,” harapnya.

Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si yang sebelumnya menjabat Kepala Pembinaan Mental Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kabintal Kostrad) TNI ini menekankan bahwa Bela Negara dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan menghargai perbedaan, bekerja keras, serta menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

“Pendidikan merupakan salah satu bentuk konkret dari Bela Negara. Melalui pendidikan, mahasiswa dapat menyiapkan diri mereka menjadi warga negara yang cerdas, bermoral, dan berkontribusi positif bagi bangsa,” terangnya.

Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si juga mengajak mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wujud nyata dari Bela Negara. Kegiatan-kegiatan seperti ini tidak hanya mengasah kemampuan pribadi, tetapi juga meningkatkan solidaritas sosial.

Kolonel Inf H. Rahman T. Leho M.Si

Mahasiswa, sebagai kaum intelektual, memiliki peran penting dalam menggerakkan perubahan. Kolonel Rahman Taleho mengingatkan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan bangsa. Oleh karena itu, mahasiswa harus proaktif dalam menghadapi berbagai isu nasional dan internasional.

Selain sebagai agen perubahan, mahasiswa juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan. Kolonel Rahman Taleho menekankan bahwa dalam setiap langkah dan tindakan, mahasiswa harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

PPKMB dan Bela Negara

Acara PKKMB Unhas 2024 ini menjadi ajang perkenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru sekaligus menanamkan semangat Bela Negara dalam diri setiap mahasiswa. Materi yang disampaikan oleh Kolonel Rahman Taleho memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya Bela Negara dan peran strategis mahasiswa dalam menjaga keutuhan bangsa.

Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si menerangkan, dalam menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki sikap Bela Negara yang kuat. Mereka harus mampu menjadi agen perubahan yang kritis, inovatif, dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara.

“PKKMB merupakan tahap awal yang sangat penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh dunia kampus. Semoga melalui pembekalan materi Bela Negara ini, mahasiswa dapat membentuk sikap dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, mahasiswa baru diperkenalkan dengan lingkungan kampus serta diberi bekal mengenai tanggung jawab sebagai mahasiswa dan warga negara.*/Adam Sukiman