MA Hidayatullah Depok Study Tour ke Sejumlah Destinasi Edukatif di Bandung

0
1068

BANDUNG – Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Hidayatullah Depok melakukan kunjungan edukasi atau study tour ke sejumlah destinasi edukasi di Kota Bandung, Jawa Barat, selama 2 hari.

Tujuan destinasi study tour pertama MAS Hidayatullah adalah kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada hari Rabu, 15 Februari 2023.

Sebagai tujuan pertama, ITB tentu merupakan destinasi spesial. Kampus yang merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia ini didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat.

ITB juga merupakan perguruan tinggi bergengsi dan universitas berkelas dunia. Betapa tidak, ITB telah mendapatkan ranking di 4 dari 5 Broad Subjects serta 13 dari 51 Narrow Subjects yang ada pada Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) 2022.

Kunjungan MAS Hidayatullah Depok yang berjumlah 27 orang murid dan 6 guru pendamping ini diterima langsung oleh Ayi Sambas selaku Kepala Seksi Humas ITB Jatinangor.

Ayi Sambas dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan ucapan selamat datang kepada siswa MA Hidayatullah yang berkunjung ke ITB.

Pada kesempatan tersebut, Ayi Sambas selain mengenalkan ITB secara umum ia juga menjelaskan mekanisme masuk perguruan tinggi negeri tahun ini dimana terdapat 3 jalur yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Ujian Mandiri.

“Dengan sistem test tahun ini yang tidak menggunakan test akademis atau TKA, maka kesempatan anak masuk ke PTN lebih besar,” kata Ayi Sambas seraya menambahkan tahun ini bisa lintas jurusan anak IPA bisa memilih jurusan anak IPS atau sebaliknya.

Semenara itu, Kepala Sekolah MAS Hidayatullah Depok, Ust. Abdurrahman Hakim, mengatakan semoga dengan adanya program study tour bertajuk “Goes to Campus” ini ke pergutuan tinggi ternama ini para murid bisa menjadi referensi atau gambaran secara luas untuk memilih PTN yang diminati sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Semoga program ini bisa berlanjut setiap tahun dan bisa lebih baik lagi penyelengaraanya,” kata Abdurrahman yang dihubungi Nasional.news, Rabu (15/2/2023).

Selain ke ITB, rombongan MAS Hidayatullah Depok juga melakukan kunjungan ke kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk mengenali lingkungan kampus sambil mempelajari berbagai hal tentang kampus negeri tersebut.

Rombongan juga berkesempatan melakukan safari dakwah ke Masjid Al Jabbar Bandung. Masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Terapung Gedebage ini berlokasi di Cimencrang, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.*/Yusak Martin