Peran Media Dukung Inspirasi Gerakan Filantropi untuk Kemajuan Bangsa

fortimnas

JAKARTA – Pemberitaan media dalam menyajikan semangat kepedulian dan gerakan filantropi lainnya dinilai mendukung tersiarnya kabar kebaikan yang dapat menginspirasi banyak orang.

“Setiap content itu memang hendaknya memiliki nilai dan tentu yang paling bernilai tinggi adalah yang dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan kebaikan,” kata Irwan Kelana disela acara Silaturrahim Ramadhan dan Buka Puasa Bersama wartawan Islam dan nasional di kediamannya di Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan media gathering didukung oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah ini dihadiri juga oleh sejumlah wartawan lainnya yang tergabung dalam Forum Wartawan Media Islam dan Nasional (Fortimnas) seperti Imam Nawawi dari Majalah Mulia, Deden Sugianto dari media online Keluargapedia.com, dan Ainuddin Chalik dari Nasional.news.

Menurut Irwan, inspirasi bisa lahir dan hadir dari banyak orang melalui berbagai terobosan yang mereka lakukan. Namun, seringkali sumbangsih para figur ini tak diketahui karena tidak mendapat ruang publikasi yang cukup.

Oleh sebab itu perlu adanya orang orang baik agar suatu kebaikan senantiasa abadi dan menginspirasi. “Sebagai wartawan, kita berbuat baik dengan memberitakan kebaikan dari orang orang yang penuh inspirasi,” katanya.

Wartawan senior ini pun mengemukakan betapa banyaknya sinambung kebaikan yang terus berlangsung karena adanya rekaman yang dapat ditelusuri baik dalam bentuk teks maupun visual, sehingga dengan itu kebaikan menjadi abadi dan menginspirasi.

Senada dengan itu, Ainuddin Chalik dalam keterangannya mengatakan gerakan filantropi penting untuk selalu diangkat sebab dengan begitu inspirasi kebaikan semakin meluas.

“Termasuk oleh lembaga Islam yang bergerak dalam pengelolaan dana umat, juga perlu terus menyambung kebaikannya dengan melakukan publikasi faktual dan dilakukan intensif agar semakin banyak orang yang tergerak melakukan kebaikan,” katanya.

Karenanya, dia menyarankan perlunya media untuk terus melakukan penguatan dari berbagai aspeknya dalam rangka mendukung program inkubasi dan pengembangan literasi zakat di Tanah Air untuk kemajuan umat, bangsa, dan negara.*/Yacong B. Halike

Pos terkait