UKMKI Unair Akan Gelar Mimbar Terbuka Palestine Solidarity Camp

0
184

SURABAYA — Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohaniaan Islam Universitas Airlangga (UKMKI Unair) bekerjasama dengan Badan Eksektutif Mahasiswa (BEM) dan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se-Unair akan menggelar mimbar dialog terbuka sebagai bentuk solidaritas dan seruan dukungan untuk Palestina yang kini sedang mengalami penjajahan dan penindasan.

solidaritas palestina
Ribuan demonstran Inggris berunjuk rasa di kota London untuk memberikan dukungan kepada Palestina (Foto: Ist/Palinfo.com)

“Panggilan solidaritas kemanusiaaan, jangan diam saat mereka membutuhkan kita. Mengundang seluruh civitas akademika Universitas Airlangga untuk hadir pada dialog terbuka seruan dukungan untuk Palestina,” demikian bunyi undangan tersebut yang diterima Nasional.news, Rabu (15/5/2024).

UKMKI Unair menyerukan untuk bersama-sama kita merangkul keadilan, menguatkan solidaritas, dan membangun momentum perubahan.

Adapun agenda yang bertajuk Palestine Solidarity Camp ini akan digelar pada Jum’at, 17 Mei 2024 dimulai pukul 15.00 WIB di Amphitheater Kampus B Unair, Surabaya.

Forum ini akan menyatakan dukungan terhadap Palestina melalui forum dialog terbuka yang dilaksanakan di titik strategis kampus. Dalam hal ini UKMKI dengan tegas mengutuk segala bentuk penjajahan dan kebiadaban yang hingga saat ini terjadi di bumi Palestina.

UKMKI pula menyatakan bahwa yang terjadi di Palestina bukanlah konflik semata, namun sebuah penjajahan yang dibiarkan.

Pihaknya pun menyerukan seluruh umat untuk tidak berhenti mendoakan saudara-saudara kita di Palestina agar diberikan perlindungan oleh Allah SWT serta menyerukan seluruh mahasiswa Unair untuk bersama mengonsolidasikan pergerakan
bersama untuk merespon penjajahan di Palestina.

Solidaritas Dunia

Tidak hanya di Indonesia, gerakan solidaritas untuk Palestina sebelumnya juga telah meluas di berbagai belahan dunia terutama di dunia kampus.

Misalnya pada 17 April 2024, ribuan mahasiswa dari Columbia University, New York, menggelar demonstrasi di lingkungan kampus. Tuntutan utama aksi tersebut adalah agar pihak universitas memutus hubungan dengan institusi akademik Israel dan melakukan divestasi penuh dari penyokong dana yang terafiliasi dengan Israel.

Sementara itu, kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap wilayah dan penduduk Palestina terus berlanjut. Pada 29 April 2024, Israel meluncurkan serangan udara di Rafah, Gaza, yang menyebabkan kematian 22 orang.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan Palestina per 23 April 2024, jumlah korban jiwa akibat serangan Israel mencapai 34.183 orang, sedangkan yang luka-luka mencapai 77.084 orang.

Peran UKMKI sebagai lembaga dakwah kampus Universitas Airlangga salah satunya adalah memberikan edukasi terkait pemahaman Islam dalam konteks persaudaraan sesama muslim di dunia khususnya di Palestina.

Maka dari itu UKMKI mengadakan Palestine Solidarity Camp ini yang diharapkan dapat membangun kesadaran mahasiswa terkait pentingnya memberikan dukungan dan menyebarluaskan upaya perlawanan terhadap kezaliman yang terjadi sehingga selaras dengan motto Universitas Airlangga yaitu “Excellent With Morality”. (nas/pal)