Murid MA Hidayatullah Depok Dibekali Penguatan Karakter dengan Wawasan Nusantara

0
1027

DEPOK – Murid Sekolah Pemimpin Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah Depok mendapat kesempatan istimewa mengikuti materi penguatan karaker dengan menjadi peserta dalam kegiatan “Orangtua Mengajar Murid Kreatif”.

Kegiatan yang digelar pada hari Ahad (22/1/2023) di Aula Gedung Sekolah Pemimpin, Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah ini menghadirkan narasumber Staff Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan (Unhan) RI Kapten Cpl Arwan Sahri Kibas.

Program kegiatan yang bertajuk Orangtua Aktif Murid Kreatif ini mengangkat tema “Penguatan Karakter Bangsa Guna Menyiapkan Pemimpinyang Disiplin dan Mandiri”.

Dalam pemaparan materi yang disampaikannya, Kapten Cpl Arwan Sahri Kibas menekankan pentingnya pembangunan karakter bangsa untuk tumbuhnya perilaku dan budi pekerti yang luhur.

Beliau menyampaikan bahwa untuk terbentuknya karakter bangsa yang luhur dimulai dari proses pendidikan sebagai sebuah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

“Kalian semua adalah generasi bangsa yang diharapkan kedepannya akan membangun negeri kita ini dengan semangat gotong royong, guyub, dan dilandasi dengan semangat persatuan,” kata Kapten Cpl Arwan Sahri Kibas berpesan.

Ayahanda dari Razzaqullah Arya Nurlily ini menambahkan, dengan semangat yang tertuang dalam UU Sisdiknas, Pasal 3, pendidikan nasional diarahkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Kapten Cpl Arwan Sahri Kibas juga berpesan kepada para santri Pondok Pesantren Hidayatullah Depok ini hendaknya selalu giat belajar, tekun berlatih, dan membangun disiplin sejak dini.

“Kunci keberhasilan adalah membangun disiplin. Bangunlah disiplin sejak sekarang sehingga adik adik semua kedepannya terbiasa menjalaninya agar menjadi pribadi sukses dan bermanfaat,” katanya berpesan.

Kapten Cpl Arwan Sahri Kibas menyebutkan diantara bidang disiplin yang mesti dibangun yaitu disiplin dalam tanggungjawab (responsibility), disiplin dalam ketepatan kerja (punctuality), disiplin dalam keterikatan (commitment), disiplin dalam keteraturan (orderly manner), dan disiplin dalam kemampuan (competent).

wasbang2

Kapten Arwan menutup materinya dengan menyampaikan berbagai watak yang perlu dikembangkan oleh para santri dan pelajar agar kelak menjadi pribadi yang baik yaitu bertaqwa,
fleksibel, membangun karakter keterbukaan,
ketegasan, dan kemampuan dalam melakukan perencanaan dan mengaktualisasikan.

“Sebagai santri, manfaat kesempatan di sini untuk melatih sikap mandiri, toleransi, disiplin, berani ambil resiko, sportif, setia kawan, membentuk integritas dan mengasah kemampuan mengelola masalah,” tandasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Sekolah MA Hidayatullah Depok Ust. Abdurrahman Hakim, M.Mpd.I, pengurus Departemen Pendidikan Hidayatullah Depok, dan sejumlah jajaran MAHID dan tamu undangan.*/Ahmad Hakim