Inilah 10 Perguruan Tinggi Hidayatullah, Berkonsep Alamiah Ilmiah dan Islamiah

0
1043
iai abdullah said2

SERIRING waktu, pendidikan khususnya perguruan tinggi kian mendapat ruang yang luas sebagai bagian yang amat penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul.

Di Indonesia sendiri, perguruan tinggi semakin berkembang. Bahkan jumlahnya pun selalu bertambah setiap tahunnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 sebagaimana dikutip dari Data Boks Katapedia, ada sebanyak 3.107 perguruan tinggi di seluruh Indonesia pada 2022.

Mayoritas atau 2.982 unit perguruan tinggi di Indonesia pada tahun lalu merupakan perguruan tinggi swasta (PTS). Jumlah ini setara 95,97% dari total perguruan tinggi di Indonesia pada 2022.

Namun, harus diakui, persaingan kualitas dan mutu di sektor pendidikan adalah hal utama. Jika rendah pada 2 hal yang disebutkan tadi, maka dipastikan akan tersingkir. Tidak sedikit perguruan tinggi yang akhirnya tinggal nama karena tak mampu bersaing.

Nah, bicara perguruan tinggi, Hidayatullah sebagai salah satu organisasi massa terbesar dengan jaringan nasional pun turut terlibat dalam sektor pemajuan sumber daya insani ini.

Ya selain dakwah, bidang pendidikan menjadi bagian yang amat dipentingkan oleh organisasi massa Islam yang dirintis oleh KH. Abdullah Said pada 5 Februari 1973.

Hidayatullah sejak awal memang mendedikasikan diri pada arus utama gerakan yaitu dakwah dan pendidikan. Salah satu sektornya adalah perguruan tinggi. Perguruan Tinggi Hidayatullah mengusung konsep penyelenggaraan yang alamiah, ilmiah dan islamiah.

Di usianya yang setengah abad dan kini tengah memasuki usia 50 tahun kedua, Hidayatullah telah memiliki sejumlah perguruan tinggi yang mutu dan kualitasnya bersaing dengan perguruan tinggi terbaik lainnya di nusantara.

Dengan perguruan tinggi yang telah menempati kawasan dan bangunan sendiri serta mengedepankan konsep perguruan tinggi Islami yang holistik integratif, inilah 10 Perguruan Tinggi Hidayatullah atau biasa disingkat PTH yang perlu kamu tahu:

1. STAIL Lukman al Hakim Surabaya

stail surabaya

Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAIL) Lukman al Hakim bisa dikatakan merupakan perguruan tinggi pertama yang dimiliki Hidayatullah pada Program Studi Pendidikan (S.Pd.I) dan Komunikasi Penyiaran Islam (S. Sos.I).

Bukan saja pertama, STAIL adalah produsen kader kader sarjana Hidayatullah yang kelak kemudian menjadi tenaga inti dan menjadi amunisi dalam perintisan lanjutan Hidayatullah di berbagai daerah.

Umumnya sarjana lulusan STAIL pada angkatan pertama dan beberapa angkatan berikutnya langsung ditugaskan mengabdi di luar Jawa. Mereka dikirim ke Papua, Sumatera, Maluku, Nusa Tenggara, Kalimantan, bahkan ada yang dikirim ke Timor Timur ketika masih menjadi bagian dari NKRI.

Alamat
Jl. Kejawan Putih Tambak VI No.1,Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur 60112
Website: https://stail.ac.id/

2. STIS Hidayatullah Balikpapan

stis hidayatullah

Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah berkedudukan di Balikpapan yang berdiri pada tahun 2004. Kampus ini berlokasi di Pondok Pesantren Hidayatullah Ummulquro Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Letaknya yang sedemikian strategis dengan akar sejarah Hidayatullah, STIS Hidayatullah terus bertumbuh dan menjadi kampus idaman segenap murid lulusan sekolah SMA/ MA Hidayatullah di Tanah Air.

Tidak hanya telah mencatatkan ragam prestasi yang berhasil diraih, STIS Hidayatullah juga ditopang dengan lingkungan yang luas, asri, alami, dan islami, serta sejumlah fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang kegiatan akademik.

Alamat
Komplek Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Mulawarman RT. 25 Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
Website: https://stishid.ac.id/

3. STIE Hidayatullah Depok

stie hidayatullah

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat. Berada di daerah yang menjadi penyangga Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta, STIE Hidayatullah menjadi primadona tidak saja karena letaknya tetapi juga spesifikasi jurusan studi yang belum ada di PTH lainnya.

Cikal bakal STIE Hidayatullah sendiri sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 1999 di bilangan Polonia, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Hidayatullah. Namun, karena pertimbangan beberapa hal, kampus dipindah ke Cilodong, Kota Depok.

Kini STIE Hidayatullah terus bertumbuh menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Kota Depok. Bahkan, kampus dengan program Manajemen dan Akuntansi yang kini dipimpin oleh Muhammad Saddam, SE, M.Ak ini telah menerima mahasiswa internasional dari Filipina.

Alamat
Kampus Utama Hidayatullah Depok, Jl. Raya Kalimulya, Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat
Website: https://stiehidayatullah.ac.id/

4. STT STIKMA Internasional Malang

stikma malang


Dikutip dari situs resminya, sebelum akhirnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi (STT) STIKMA International, ia merupakan lembaga pendidikan luar sekolah bernama PIKMA (Pendidikan Ilmu Komputer Malang).

PIKMA yang dirintis sejak tahun 1995 kala itu menyelenggarakan pendidikan singkat tentang informatika, animasi, dan komunikasi.

Di bawah Yayasan Media Abyan Lintas Buana (YMALB), PIKMA dipersiapkan untuk diajukan menjadi pendidikan tinggi. Setelah melengkapi semua persyaratan yang ditentukan dan perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional.

Status terdaftar diperoleh dengan SK Mendikbud RI nomor 03/D/O/1999 tanggal 8 Januari 1999, untuk dua program studi jenjang sarjana (S1), yaitu Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Arsitektur.

Pada tahun 2013, YMALB selaku badan penyelenggara STIKMA mengalami perubahan struktur dan pengurus. Kini STIKMA berada dibawah pengelolaan ormas Hidayatullah.

Alamat:
Jalan Tumenggung Suryo No. 37, Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Website: https://www.stikma.ac.id/

5. STIT Hidayatullah Batam

stit hid batam


Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Hidayatullah Batam berdiri pada tahun 2017 yang dimulai oleh KH. Jamaluddin Nur yang juga merupakan perintis Hidayatullah Batam.

Pendirian kampus STIT Hidayatullah ini terutama dilatari tingginya kebutuhan sumber daya dai dan tenaga pendidik yang siap diterjunkan ke daerah-daerah untuk membina umat, menyelamatkan generasi, merintis dakwah dan mengembangkan pendidikan khususnya di Kepulauan Riau.

Alamat:
Jl. Raya Marina City, Tj. Uncang, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau 29425
Website: https://stithidayatullah.ac.id/

6. IAI Abdullah Said Batam

iai abdullah said


Institut Agama Islam (IAI) Abdullah Said Batam berlokasi di Jl. Brigjen Katamso (samping Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah) RT 03/ RW 03, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal terhadap terselenggaranya lembaga pendidikan yang unggul, IAI Abdullah Said Batam menyelenggarakan konsep pendidikan yang berbasis pada learning integrated system.

Sistem pendidikan tersebut diharapkan mampu melahirkan sarjana yang bukan saja memiliki kemampuan intelektual yang baik, akan tetapi juga melahirkan sarjana yang memiliki keimanan yang kokoh. Sehingga, di manapun dia ditempatkan dan pekerjaan apapun yang dilakoninya, maka rasa syukur yang selalu dikedepankannya.

Alamat:
Jl. Brigjen Katamso (samping Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah) RT 03/ RW 03, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam
Website: https://institutabdullahsaid.ac.id/

7. STAI Al Bayan Makassar

stit albayan makassar


Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar sebagai pengelola Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Bayan secara resmi menerima dokumen Keputusan Menteri Agama (KMA) izin pendirian sekolah tinggi tahun 2022.

KMA institusi dan prodi untuk STAI Al Bayan diserahkan secara langsung oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kemenag RI, Prof Suyitno dan diterima Ketua Yayasan Al Bayan Suwito Fatah pada kegiatan silaturahmi dan penyerahan KMA di Hotel Teras Kita Jl AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (03/02/2022).

Alamat:
Poros Tamalanrea Blok M No, Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Website: –

8. STIT Mumtaz Karimun

stit mumtaz


Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz berlokasi di Jln. Soekarno Hatta (Poros), RT 002 RW 10, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

STIT Mumtaz yang dibentuk di bawah Yayasan Fikrun Nisa hadir dengan semangat untuk turut serta secara langsung dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan menjadi pendidikan tinggi yang berkualitas.

Kampus ini juga mendedikasikan diri mampu menjadikan mahasiswa yang bertauhid untuk diimplementasikan pada Intelectual Question, Emotional Question and Spiritual Question.

Alamat:
Jln. Soekarno Hatta (Poros), RT 002 RW 10, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.
Website: http://stitmumtaz.ac.id/

9. STIT HISAM Samarinda

stit hisam


Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Samarinda (STIT HISAM) berdiri di bawah legalitas Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kampus Utama Samarinda yang diluncurkan berbarengan dengan Studium Generale di Aula STIT HISAM di Jalan Perjuangan, Sempaja Selatan, Kota Samarinda, Kaltim, Selasa, 19 Shafar 1445 H (05/09/2023).

STIT HISAM mendorong mahasiswanya untuk tidak hanya berpikir menjadi cerdas secara intelektual saja, tetapi juga mengedepankan akhlakul karimah. Sebab saat ini banyak sekali orang yang gelarnya bertumpuk tapi miskin secara adab.

Alamat:
Kampus STIT Hisam Jalan Perjuangan, Sempaja Selatan, Kota Samarinda, Kaltim
Website: –

10. STIQ Ash-Shiddiq Medan

stiq ash shiddiq medan


Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Ash Shiddiq berfokus mencetak calon guru-guru pengajar al-Qur’an. STIQ Ash-Shiddiq berkomitmen menjadi lembaga pendidikan tinggi di bidang Al-Qur’an yang unggul dan kompetitif.

Selain itu, kampus STIQ Ash-Shiddiq berupaya melahirkan guru guru atau pengajar Al-Qur’an yang menguasai bidang Al-Qur’an secara keilmuan, bahasa, tafsir, hafalan, dan sanggup menjadi pengajar Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.

Bagi alumni Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an Ash Shiddiq tersedia lapangan kerja di seluruh cabang-cabang pesantren Hidayatullah di seluruh Sumatera.

Alamat:
Kampus STIQ Ash-Shiddiq, Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
Website: –

Program Beasiswa

Menariknya, karena setiap PTH memiliki program beasiswa yang menerapkan sistem jaminan kerja ikatan dinas khususnya pada kelas reguler. Artinya, setelah lulus dan diwisuda, kamu tak perlu bingung mau kerja apa karena bursa kerja sudah tersedia.

Tidak saja diserap bursa kerja, selama menempuh studi peserta program beasiswa ini juga mendapatkan fasilitas asrama sebagai tempat tinggal (students housing) dan prasarana penunjang lainnya untuk mendukung aktifitas akademik selama masa pendidikan.

Untuk menjadi bagian dari program beasiswa ini kamu harus mengajukan permohonan atau setidak tidaknya menyertakan surat rekomendasi, mengikuti seleksi, menempuh beberapa langkah teknis, dan bersedia mengikuti regulasi yang telah ditetapkan.

Itulah 10 profil singkat 10 perguruan tinggi Hidayatullah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan sejumlah pilihan program jurusan yang bisa kamu pilih.